Minggu, 13 Oktober 2013

Silabus IAD

SILABUS MATA KULIAH
Program Studi                   :
Kode Mata Kuliah            :
Nama Mata Kuliah            : Ilmu Kealaman Dasar
Jumlah SKS                      : 2
Semester                            :
Mata Kuliah Pra Syarat     :

Deskripsi Mata Kuliah         :
Peningkatan kualitas mahasiswa  yang meliputi berfikir kreatif, kritis, sistematik dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, kepekaan dan empati sosial, bersikap demokratis, berkeadapan dan menjunjung tinggi nilai kemampuan, mempunyai wawasan terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, mempunyai wawasan  dan seni serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif. Sehingga materi perkuliahan mencakup : (1) konsep IAD dalam berkehidupan bermasyarakat. (2) Alam pikir manusia dan perkembangannya,          (3) Perkembangan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam, (4) Bumi dan alam semesta, (5) Keanekaragaman makhluk hidup dan persebarannya,(6) makhluk hidup dalam ekosistem alami,(7) Sumberdaya alam dan lingkungan, (8) Ilmu pengetahuan alam dan teknologi bagi kehidupan manusia, (9) beberapa teknologi penting dan (10) Isu lingkungan. Proses pengajaran akan dilakukan di klas dan di lapangan dengan melibatkan kurikulum, tenaga kependidikan, peserta didik, sarana dan prasarana, pembiayaan,  supervisi dan kepemimpinan.

Standar Kompetensi       :
Menjadi ilmuwan dan profesional yang berpikir kritis, kreatif, sistemik dan ilmiah berwawasan luas; etis, estetis serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi serta dapat ikut berperan mencarai solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.


TUJUAN MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang maksud dari ilmu-ilmu alam (natural scineces), metode untuk memperoleh ilmu-ilmu alam tersebut serta cara menerapkan dalam kehidupan praktis. Selanjutnya mahasiswa diajak untuk berfikir kritis bagaimana seharusnya Ilmu Alamiah Dasar (IAD) bisa berkontribusi dalam pembangunan.

TOPIK PERKULIAHAN
Pendahuluan dan kontrak belajar
a. Perkenalan, penjajagan motivasi mahasiswa, urgensi perkuliahan
b. Penjelasan silaby
c. Pembuatan kontrak belajar
d. Sistem evaluasi
e. Pretest
f. Penyampaian outline mata kuliah


Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
1.      Mengidentifikasi latar belakang konsep IAD dalam berkehidupan bermasyarakat.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan latar belakang IAD
2.      Menjelaskan pengertian IAD
3.      Menjelaskan pentingnya IAD dalam berkehidupan bermasyarkat.

1.      Mengkaji konsep dan ruang lingkup Ilmu Kealaman Dasar
2.      Mendiskusikan IAD sebagai bagian kajian berkehidupan bermasyarakat.

1.    Pengertian  IAD
2.    Pendidikan perlu nya IAD
3.    Ruang lingkup IAD

100 menit
OHP, LCD, Laptop. Kep Dirjen DIKTI 44/DIKTI/Kep/2006

Portofolio tes essay.


Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
2.      Memahami Alam pikir manusia dan perkembangnnya.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan :
1.      Hakekat manusia dan sifat keingintahuannya.
2.      Perkembangan fisik,sifat dan pikiran manusia
3.      Sejarah Pengetahuan manusia
Mengkaji dan mendis
kusikan  alam pikir
manusia,perkem
bangannya dan sejarah pengetahuan manusia.

1. Telaah sumber

2. Pengorganssian
3. Pengarahan
4. evaluasi
5. Simpulan sementara
100 menit
OHP, LCD, Laptop.
Qur ‘an Surat Al baqoroh dan Ali imron. Prawoto. Genetika Dan Evolusi  hal.348-377
Portofolio dan tes essay seta tes obyektif

Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
3.      Memahami perkembangan dan pengembangan  Ilmu Pengetahuan Alam
1.      Membedakan metode ilmiah dan non ilmiah.
2.      Memahami metode ilmiah
3.      Memahami metode ilmiah sebagai dasar IPA
4.      Mengkaji perkembangan ilmu pengetahuan alam
5.      Memahami ruang lingkup IPA dan dapat mengembangkannya untuk tujuan pembangunan
1.  Mengkaji dan mendiskusikan aspek aspek berfikir ilmiah dan non ilmiah.
2.  Mengkaji komponen Ilmu pengetahuan Alam.
3.  Mengkaji perkembangan dan pengembangan  IPA
  1. Pengarahan
  2. Telaah sumber
  3. Diskusi

100 menit
OHP, LCD,
Suharsini Arikunto hal 14-26
Portofolio dan tes essay

Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
4.      Memahami Bumi dalam Alam Semesta.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan pembentukan alan semesta.
2.      Menjelaskan tentang tata surya
3.      Menjelaskan bumi sebagai planet.
4.      Menjelaskan  tentang struktur bumi.
5.      Menjelaskan Pembentukan Benua dan Samodra.

Mengkaji dan mendiskusikan alam semesta dan aspek bumi fungsi dan hubungan timbal balik antar aspek penyusun buni dan alam semesta.
1. Telaah sumber tentang : teori terbentuknya alam semesta.,alam mikro.alam makro,
alam super makro,
litosfer,hidrosfer,atmosfer, pedosfer, biosfer
2.. Interpretasi dan deliniasi diagram alir/ foto.
3. Diskusi
100 menit
OHP, LCD, Sumber: IAD UMS

Portofolio, Proses, Tes essay dan Obyektif.


Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
5.      Memahami keanekaragaman Makhluk Hidup dan Persebarannya
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1.      Mengidentifikasi keanekaragaman Makhluk Hidup
2.      Mendeskripsikan tentang Makhluk Hidup.
3.      Menjelaskan asal mula kehidupan di bumi.
4.      Menjelaskan  sejarah perkembangan makhluk hidup
5.      Mengidentifikasi persebaran makhluk hidup

1. Mengkaji  keanekaragaman makhluk hidup..
2. Mengkaji persebaran makhluk hidup di suatu wilayah..
1. Makhluk hidup, pengada insani, biota.
2. Perilaku makhluk hidup
3. Kelangsungan  peri kehidupan.
4. Kesejahteraan makhluk hidup




100 menit

OHP, LCD, Laptop.

IAD UMS, Muhamad Soejani  hal 42-56
Tes essay dan obyektif.


Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
6.      Memahami dan memiliki wawasan tentang makhluk hidup dalam ekosistem alami
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang makhluk hidup dalam ekosistem alami
Mengkaji dan mendiskusikan tentang populasi dan komunitas makhluk hidup, berbagai bentuk ekosistem alami,
aliran energi dan materi dalam ekosistem alami
dan macam-macam bentuk pola kehidupan
1.      Populasi dan komunitas makhluk hidup
2.      Berbagai bentuk ekosistem alami
3.      Aliran energi dan materi dalam ekosistem alami
4.      Macam-macam bentuk pola kehidupan

100
menit
1.      Papan tulis putih, Notebook, LCD.
2.      Saragih S. Dkk., 2007, Kerangka Penghidupan Berkelanjutan.
3.      Indeks Biologi dan Pertanian Indonesia, 2002, Departemen Pertanian.
Portofolio dan tes essay




Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
7.      Memahami dan memiliki wawasan tentang Sumberdaya Alam dan Lingkungan
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang Sumberdaya Alam dan Lingkungan
Mengkaji dan mendiskusikan tentang klasifikasi sumberdaya alam dan lingkungan hidup, konsep-konsep pengelolaan sumberdaya alam, masalah kependudukan dan lingkungan hidup serta prinsip dan usaha pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.
1.      Klasifikasi sumberdaya alam dan lingkungan hidup,
2.      Konsep-konsep pengelolaan sumberdaya alam,
3.      Masalah kependudukan dan lingkungan hidup serta
4.      Prinsip dan usaha pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.
200 menit
1.      Papan tulis putih, Notebook, LCD.
2.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025
3.      Pendidikan Lingkungan, 2006, Kementerian Lingkungan Hidup.
Portofolio dan tes essay
8.      Memahami dan memiliki wawasan tentang ilmu pengetahuan alam dan teknologi bagi kehidupan manusia
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang ilmu pengetahuan alam dan teknologi bagi kehidupan manusia
Mengkaji dan mendiskusikan tentang IPA sebagai dasar pengembangan teknologi, sejarah peradaban manusia dan perkembangan teknologi, manfaat dan dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia, IPA dan teknologi masa depan
1.      IPA sebagai dasar pengembangan teknologi,
2.      Sejarah peradaban manusia dan perkembangan teknologi,
3.      Manfaat dan dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia,
4.      IPA dan teknologi masa depan
100 menit
1.      Papan tulis putih, Notebook, LCD.
2.      Departemen Kesehatan RI, 2008, Panduan Riset Pembinaan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Kedokteran 2009,
3.      Jasin M., 2000, Ilmu Alamiah Dasar. (hal. 177-259).

Portofolio dan tes essay



Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
9.      Memahami dan memiliki wawasan tentang beberapa perkembangan teknologi penting
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang beberapa perkembangan teknologi penting
Mengkaji dan mendiskusikan tentang bioteknologi, teknologi informasi dan teknologi kearifan lokal.
1.      Bioteknologi
2.      Teknologi informasi
3.      Teknologi kearifan lokal.
200 menit
1.      Papan tulis putih, Notebook, LCD.
2.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025
3.      Abdurrahman, 2003, Pembangunan Berkelanjutan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia
4.       Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya
5.      Mendel T., 2004, Kesempatan memperoleh informasi
Portofolio dan tes essay
10.  Memahami dan memiliki wawasan tentang isu lingkungan.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang isu lingkungan.
Mengkaji dan mendiskusikan tentang isu lingkungan global, isu lingkungan nasional, isu lingkungan lokal dan studi kasus
1.      Isu lingkungan global
2.      Isu lingkungan nasional
3.      Isu lingkungan lokal
4.      Studi kasus
300 menit
1.     Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025
2.     Absori, 2006 Model Penyelesaian Sengketa Lingkungan Melalui Pengadilan Dengan Pendekatan Partisipatif
3.     Jasin M., 2000, Ilmu Alamiah Dasar.
4.     UNDP, 2007, Sisi lain perubahan iklim
Portofolio dan tes essay



0 komentar:

Posting Komentar