This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Selasa, 11 September 2012

Sebagian foto di Jogja



 sebelah kiri ini adalah Foto pembukaan, Semua peserta dan Panitia di Aula
 Foto sebelah kanan adalah kenangan saan pergantian materi di kelas pelatihan
 Bendera dari negara-negara anggota peserta
 Teman dari Kamboja (berdasi) mengajak pose bersama
 Ini kenangan pualing tak terlupakan



Perangkat Pembelajaran


PERANGKAT PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : V/1(SATU)
MATERI : DIALOG
 






DAFTAR ISI
1.                  SILABUS
2.                  RPP
3.                  LAMPIRAN:
a.        Bahan Ajar
b.        Media
c.         Sintak Model Pembelajaran
d.        LKS
e.        Kisi-kisi Soal
f.          Soal
g.        Kunci Jawaban
h.        Pedoman penilaian/penskoran

DISUSUN : ROSAMAJI
NOMOR PESERTA : 12036302710962
KELAS/GUGUS : sd 3 /FIP
NO ABSEN: 21
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                  :    ..................................
Mata Pelajaran                    :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :    5 / Pertama
                                                                                                       

Waktu                                     :    1 X 30 Menit

A.      Standar Kompetensi
4.           Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis
B.      Kompetensi Dasar
4.3  Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Siswa dapat membaca contoh  dialog dengan baik dan benar.
·         Siswa dapat  menyimpulkan isi percakapan

D.      Tujuan Pembelajaran
·         Dengan mengamati teks dialog tentang”Kedisiplinan”  siswa dapat membaca teks dengan intonasi yang baik dan benar
·         Melalui mengamati teks dialog tentang’ Kedisiplinan” siswa dapat menulis isi kesimpulan dari teks dengan baik dan benar

v Karakter siswa yang diharapkan :                Rasa hormat dan perhatian ( respect ),  Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
E.       Materi Pokok                       
§  Teks Dialog
F.       Metode dan Model Pembelajaran
Diskusi , ceramah, dan tanya jawab
Model Pembelajaran Bertukar Pasangan

G.     Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal   (5 menit)
-        Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.”Mari kita berdoa bersama sebelum pelajaran dimulai”. “Siapa yang tidak masuk hari ini?”
-        Apersepsi. “Sebelumnya kita telah belajar tentang surat undangan. “Surat termasuk jenis komunikasi satu arah ataukah dua arah?”
-        Menyampaikan tujuan pembelajaran.” Pelajaran hari ini, Bapak harapkan kamu akan dapat Membaca contoh dialog dan memberikan kesimpulan isi dialog”. ”Kemudian, bisa memperagakan dialog sesuai teks”.
-        Menyampaikan cakupan materi.”Materi untuk mencapai tujuan diatas adalah dialog”.
§  Kegiatan Inti       (20 menit)
-        Eksplorasi
Siswa     Membaca teks.(eksplorasi)
Siswa mengerjakan tugas/LKS
Menunjukkan contoh teks dialog( menggunakan LCD).
Siswa  membaca teks secara bersama dan bergantian .

-        Elaborasi
Membentuk kelompok siswa. Tiap-tiap kelompok terdiri dari dua siswa.
Mengerjakan tugas bersama pasangannya.
Bertukar pasangan, Tiap siswa pada tiap kelompok yang baru menanyakan  dan mengukuhkan jawaban mereka.

-        Konfirmasi
Tiap-tiap kelompok  maju menyampaikan kesimpulannya.
Memberikan penguatan kesimpulan dari siswa. (konfirmasi)
 
Evaluasi
Memberikan evaluasi kepada siswa secara individu.

§  Kegiatan Penutup (5 menit)
        Dalam kegiatan penutup, guru:
-        Anak-anak hari bapak senang sekali karena kamu telah mengikuti pelajaran dengan baik.
-        Untuk pertemuan berikutnya kita akan belajar tentang menulis dialog berdasarkan gambar dengan tema yang telah kita tentukan
                                                
H.     Alat/Sumber Belajar
§  LCD
§  Komputer
§  Sumber Belajar                 :  Bahasa Indonesia Untuk SD Kelas V Pusat perbukuan, Diknas

I.        Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·      Siswa dapat membaca contoh  dialog dengan baik dan benar.
·      Siswa dapat  menyimpulkan isi percakapan
·  Lisan
·  Tertulis
·  Tertulis

Lembar penilaian
Produk
·  Bacalah teks dialog yang telah disajikan!
·  Tulis simpulan isi percakapan!


                                                                                                                     Semarang, 8 Juli 2012
        Mengetahui                                                                                                              
        Kepala Sekolah                                                                              Guru Mapel Bahasa Indonesia.
                                                                                                                                   


             ..................................                                                           ..................................
NIP :                                                                                              NIP :
Lampiran – lampiran
1.         Bahan Ajar
Standar Kompetensi
4.Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis

Kompetensi Dasar
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.

Indikator Pencapaian Kompetensi
·       Siswa dapat membaca contoh  dialog dengan baik dan benar.
·       Siswa dapat  menyimpulkan isi percakapan

Pentingnya Kedisiplinan
Di SD Mulya, akan diadakan lomba olahraga bola voli antar SD sekecamatan. SD Mulya di mana Anton dan Adit  terpilih untuk mewakili dalam mengikuti perlombaan. Agar dapat memenangkan perlombaan dan terjalin kerja sama yang baik, mereka  dan teman – temannya berlatih setiap hari.
 

Anton   : Untuk menghadapi pertandingan minggu depan, kita harus sering latihan, nih!
Adit        : Iya, betul! Kira-kira kapan kita bisa latihan?
Anton   : Bagaimana kalau besok kita mulai latihan?
Adit        : Aku setuju, soalnya kalau tidak segera latihan kapan lagi?
Anton   : Berarti kita sepakat, ya! Kita beritahu teman yang lain.
Mereka selalu berlatih setiap sore. Namun, pada hari keempat  salah satu teman mereka tidak datang.              
Adit        : Lho, kok, sudah jam 4 lebih satu dari teman kita belum datang juga?
Anton   : Iya, jangan-jangan nggak datang lagi.
Adit        : Kalau begini caranya, gimana tim kita bisa menang?
Anton   : Padahal, tinggal dua hari lagi kita bertanding.
Adit        : Benar, ini kan latihan terakhir kita.
Anton   : Kalau begitu kita latihan sendiri saja.
Adit        : OK!
2.       Media
-       LCD
-       Komputer
-       Gambar anak bermain volly
3.       Sintaks
a.     Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru bisa menunjukkan pasangan atau siswa menunjuk pasangannya sendiri)
b.     Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya.
c.      Setelah selesai, setiap pasangan bergabung dengan pasangan yang lain.
d.     Kedua pasangan tersebut saling bertukar pasangan, tiap-tiap pasangan baru saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka.
e.     Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
4.       LKS
Berdasarkan teks dialog yang sudah kita baca, Jawablah pertanyaan berikut.
a.    Berapa banyak tokoh dalam dialog?
b.    Dari percakapann tersebut, mereka teman lama atau baru?
c.    Hal apakah yang sedang mereka bicarakan?
d.    Menurut pendapatmu, apakah mereka bertanggung jawab terhadap apa yang mereka sepakati?
e.    Berikan kesimpulanmu tentang isi dialog tersebut!
Jawab
a.
Pasangan pertama



Pasangan ke dua
b.
Pasangan pertama



Pasangan ke dua
c.
Pasangan pertama



Pasangan ke dua
d.
Pasangan pertama



Pasangan ke dua
e.
Pasangan pertama




Pasangan ke dua

5.       Kisi-kisi
Kisi – kisi penulisan soal
Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Ranah
Tehnik Penilaian
Bentuk Instrumen
Nomor Soal
2.. Bahasa Indonesia 
Menulis                                  
4. Mengungkap-kan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis
4.3          Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.
·  Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog.

·  Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.


C1(hafalan)
C2(memahami)
C4 (menganalisa)

Tulis

Tulis

Tulis

Jawaban singkat
Melengkapi teks
Jawaban singkat

a
b
c
 
6.       Soal

Nama        :
No. Absen:
Tanggal    :
Nilai



Ttd./paraf Guru

a.   Perhatikan penggalan dialog di bawah ini!
Anton              : Untuk menghadapi pertandingan minggu depan, kita harus sering latihan, nih!
Adit                 : Iya, betul! Kira-kira kapan kita bisa latihan?
Anton             : Bagaimana kalau besok kita mulai latihan?
Dari penggalan dialog di atas, siapakah yang mengajak dan menentukan waktu latihan?
Jawab :

b.  Perhatikan penggalan dialog di bawah ini!
Adit    : Benar, ini kan latihan terakhir kita.
Anton            : Kalau begitu kita….
Berilah frase yang tepat untuk melengkapi dialog di atas!
Jawab:

c.   Menurut pendapatmu, untuk menang dalam suatu pertandingan olah raga, apa yang mesti dilakukan?
Jawab:
7.       Kunci Jawaban
Nomor
Jawaban
a.
Anton
b.
Latihan sendiri saja
c.
Disiplin, Berlatih secara rutin, dan kompak

8.       Pedoman Penskoran
Nomor
skor
a.
3
b.
3
c.
4
Nilai Akhir = jumlah skor X 10
SILABUS  PEMBELAJARAN 
Nama  Sekolah                           :  .................................
Mata  Pelajaran                          :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                        :   V / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
4.Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.
·  Teks Dialog
·  Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog.
·  Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.

·  Membaca contoh dan kesimpulan dialog.
·  Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog.

·  Tertulis
·  Tertulis
·  Penugasan

Lembar penilaian
Produk
·  Peraga-kanlah percaka-pan dan menyimpulkan isi percakapan!
1 x pertemuan
1 x 30 menit
 Bahasa Indonesia
Untuk SD Kelas V
Pusat perbukuan
Diknas.
v Karakter siswa yang diharapkan :      Rasa hormat dan perhatian ( respect ),  Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

Mengetahui,
Kepala Sekolah  ...................



...............................................
NIP / NIK :

Semarang,  8 Juli 2012
Guru Kelas



...............................................
NIP / NIK :